Home » , » Bagaimana Cara Memulai Membuat Game (Part 5)

Bagaimana Cara Memulai Membuat Game (Part 5)

Written By nazzun on Kamis, 01 September 2016 | 16.30

Simple Movement Game Object



Disini agan akan belajar bagaimana membuat Game Object yang ada di dalam game bergerak. Sebelum kita masuk ke inti, ada baiknya agan harus mengerti Apa itu Transform dan Vector3. Agan masih inget sama Class kan? Nah kalo lupa, contoh Class itu seperti Class Mobil, Class Rumah yang sering kita dengar waktu belajar konsep OOP Programing. Transform dan Vector merupakan salah satu Class yang disediakan oleh unity Engine. Berikut penjelasan kedua Class tersebut.

1. Class Vector3

Class Vector3 memiliki fungsi utama, yaitu menyimpan nilai koordinat/posisi Game Object. Koordinat yang disimpan adalah sumbu X, Y, Z.
Contoh instansiasi Class Vector3
Vector3 posisi = new Vector(5, 7, 9);
artinya, kita membuat sebuah vector baru dengan X=5, Y=7, Z=9.

-2. Class Transform

Class Transform merupakan salah satu komponen Game Object. Dimana di dalam Class Transform ini tersimpan nilai posisi, rotasi, dan scale dari Game Object. Untuk rotasi dan scale kita bahas di post selanjutnya. Untuk posisi, agan sudah tahu bahwa nilai tersebut disimpan di dalam Class Vector. Jadi di dalam Class transform terdapat nilai Class Vector.
Semua Game Object yang ada di Editor Unity sudah pasti memiliki Component Transform. Jadi kalo kita ingin mengetahui dimana koordinat dari suatu Game Object, kita harus mengakses Class Transform dulu dari Game Object itu lalu mengambil nilai Vector nya. Agan juga bisa melihat beberapa isi dari Component Transform, Caranya:

  - Klik Game Object dari tab Hierarchy atau tab Scene
  - lihat di tab Ispector bagian paling atas
  - Transform itu adalah Komponen milik Game Object yg dipilih

Prinsip dasar Movement




Movement terjadi karena adanya penambahan atau pengurangan nilai pada koordinat Game Object.
Misal dari gambar di atas, Game Object bergerak ke kanan pada Sumbu X. Maka koordinat X ditambahkan.

X baru = X lama + besar penambahan X
Y baru = Y lama
Z baru = Z lama

Besar penambahan X sering didefinisikan sebagai kecepatan.

Berikut Langkah-langkah membuat simple movement,

1. Create Game Object Baru
   kalo lupa cara Create Game Object baru, bisa lihat kembali di
 
2. Create Script Baru
   kalo lupa cara Create Script baru, bisa lihat kembali di:
   => Cara membuat script baru 
3. Ketik Code
   Ketikan Code berikut ke dalam Script yang baru agan buat

using UnityEngine;
using System.Collections;
public class MyScript : MonoBehaviour {
   public float speed = 5;
   void Start () { }
   void Update () {
       float deltaX = speed * Time.deltaTime;
       Vector3 posisiNow = transform.position;
       float X = posisiNow.x + deltaX;
       float Y = posisiNow.y;
        float Z = posisiNow.z;

        Vector3 posisiNext = new Vector3(X, Y, Z);

        transform.position = posisiNext;
   }
}
#Sesuaikan nama kelas dengan nama Script yang agan buat

4. Taruh Script ke dalam Game Object
   Kalau belum tau caranya menaruh script ke dalam Game Object,    bisa di lihat di:
   =>Cara menaruh script ke dalam game object

0 komentar:

Posting Komentar