Home » , » Bagaimana Cara Memulai Membuat Game (Part 2)

Bagaimana Cara Memulai Membuat Game (Part 2)

Written By nazzun on Sabtu, 20 Agustus 2016 | 05.38

PENGENALAN EDITOR UNITY3D

Setelah selesai melakukan instalasi unity, ada baiknya untuk  mengenal sedikit dasar-dasar tab yang nantinya dapat mempermudah dalam tutorial membuat game selanjutnya. Disini ane jelasin dasar fungsi dari masing-masing tab yang sering digunakan dalam membuat game.

Buat yang udah paham dasar-dasar tab yang ada di Editor unity, bisa skip part ini.
Tampilan editor unity kayak gini:

Kalo beda, agan boleh samain tata letak tab-tab menu kyak di gambar biar ga bingung buat penjelasan selanjutnya.

Caranya, klik dropdown seperti yang ditunjukkan pada gambar yang diberi tanda kotak biru diatas, lalu pilih 2 by 3.

Dari gambar tampilan editor unity di atas, agan dapat lihat beberapa tab yang udah otomatis terbuka, diantaranya : 
1. Tab Hierarchy
2. Tab Scene
3. Tab Inspector
4. Tab Game
5. Tab Project

Agan juga bisa nambah tab-tab lain jika nantinya diperlukan dalam pembuatan game. Untuk nambah tab, ada 2 cara, salah satunya bisa kayak gambar di bawah ini:


Yang ditandai titik biru itu yang umumnya sering ane pakai dalam membuat game. Keliatan banyak ya? hehe. Tenang aja, sebenarnya 5 tab yang udah ane paparkan sebelumnya itu yang paling dominan dipakai saat membuat game ditambah dengan 2 tab, yaitu animation dan animator.

Untuk penjelasan kedepannya, agan biasakan kenal dengan istilah "Game Object". Ada yang bingung maksud dari "Game Object"? Gini aja, bayangkan di dalam kampung itu kan ada rumah, orang, batu, tanah, masjid, tiang listrik, jembatan, tante-tante, krikil, sapi kerbau dst. Udah Kebayangkan? Nah, yang ada di dalam kampung itu contoh yang dimaksud dengan "Game Object".

Langsung aja, ane jelasin sebagian tab-tab yang ada di editor unity.

1. Tab Hierarchy
     
    Dari Gambar di atas ini, yang ane kasih tanda kotak merah, itu bagian dari tab Hierarchy. Dari tab ini agan bisa melihat Game Object apa saja yang ada di dalam game. Di gambar, agan sudah bisa melihat 2 game object, yaitu "Main Camera" dan "Directional Light". 
    Di tab ini, agan bisa create, delete, rename, Copy/Cut, Paste Game Object. Nah, sekarang kita coba beberapa fitur yang ada di Hierarchy
    - Untuk Create Game Object baru, 
      Caranya:
      1. klik tombol Create atau klik kanan di dalam tab hierarchy->3D Object->Cube.
    - Untuk rename Game Object
      Caranya:
     1. Klik salah satu game object. Agan bisa klik game object yang baru agan bikin
         tadi. 
     2. Klik lagi Game Object yang agan pilih
     3. Sekarang agan bisa menulis nama Game object yang agan pingin. misal "Box".

2. Tab Scene


   Hal yang paling umum dilakukan di dalam tab scene adalah agan bisa mensetting posisi, ukuran, rotasi Game Object. sebenarnya, ada beberapa hal lain yang masih bisa dilakukan di tab scene, tapi umumnya untuk dalam proses membuat game, ketiga hal tersebut dominan digunakan   
    - Untuk setting posisi     
     Caranya:   
     1. Klik game object yang diinginkan. Game object bisa di pilih melalui tab
         hierarchy atau langsung lewat tab scene     
     2. Klik tombol yang di tandai warna merah
     
     3. Drag Game Object yang di pilih di tab scenedi dalam tab 
Setting Posisi
   - Untuk setting rotasi   
    1. Klik game object yang diinginkan. Game object bisa di pilih melalui tab
        hierarchy atau langsung lewat tab scene scene.      
    2. Klik tombol yang di tandai warna merah     
    
    3. Drag Game Object dari Garis melingkar yang ada  
Setting Rotasi

   - Untuk setting ukuran    
    1. Klik game object yang diinginkan. Game object bisa di pilih melalui tab
        hierarchy atau langsung lewat tab scene scene.      
    2. Klik tombol yang di tandai warna merah     
    
    3. Tarik Garis pada Game Object yang diplih
Setting Size

0 komentar:

Posting Komentar